Hari Ini, Peresmian Bank Syariah BDS Cabang Kulonprogo

WATES (KR) – PT BPR Syariah Barokah Dana Sejahtera (Bank Syariah BDS) Selasa (17/9) hari ini melakukan grand opening peresmian cabang di Jalan Sugiman 14 Serut Kecamatan Pengasih Kulonprogo. Dijadwalkan peresmian dilakukan Wakil Bupati Kulonprogo Drs Sutejo.

Direktur Utama Bank Syariah BDS, H Edi Sunarto SE, menjelaskan semula cabang tersebut merupakan kantor layanan kas. Perubahan menjadi cabang berdasarkan surat Otoritas Jasa Keuangan no S-523/KO.031/2019 tanggal 14 Agustus 2019.

Menurut Dr H Tulus Musthofa, Ketua Dewan Pengawas Syariah Bank Syariah BDS, dengan beroperasionalnya Bank Syariah BDS Cabang Kulonprogo diharapkan masyarakat bisa mendapatkan layanan baik tabungan, deposito maupun pembiayaan dengan prinsip syariah.

Penerapan prinsip syariah sesuai Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa semua transaksi keuangan harus didasarkan pada prinsip keadilan, kemanfaatan dan terhindar dari riba, maisyir serta gharar. Sehingga nantinya masyarakat yang membuka tabungan maupun deposito di Bank Syariah BDS akan mendapatkan bagi hasil bukan berupa bungan yang tetap setiap bulannya.

Di samping beroperasi dengan prinsip syariah, kehadiran BDS di Kulonprogo diikhtiarkan bisa mengangkat perekonomian masyarakat terlebih setelah hadirnya bandara baru. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi Kulonprogo akan setara dengan kabupaten lainnya di DIY.

Adnan Pranowo, Kepala Cabang Kulonprogo menjelaskan, selain Wakil Bupati Kulonprogo Bp Sutejo acara juga akan dihadiri Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Untung Nugroho. Acara akan dimeriahkan tampilan hadroh peci putih dan musik akuistik peci hitam yang semuanya karyawan Bank Syariah BDS.

Bank Syariah BDS didirikan oleh tim yang diketuai Drs H Sunardi Syahuri (alm) sekaligus sebagai Pemegang Saham Pengendali (PSP). Sepeninggal almarhum posisi PSP digantikan Hj Pamella yang juga pemilik Pamella Group. Per Agustus 2019 aset Bank Syariah BDS sebesar Rp 125 miliar. DPK Rp 100 miliar dan pembiayaan yang disalurkan Rp 90 miliar.

Lima tahun berturut turut mendapat penghargaan dari InfoBank Award, termasuk tahun 2019 ini kembali mendapat penghargaan dengan predikat sangat bagus untuk kategori aset di atas Rp 100 miliar sampai di bawah Rp 250 miliar pada rangking lima. (Fie)-a

– artikel telah dirilis pada Harian Kedaulatan Rakyat terbit 17 September 2019